11 April, 2018

Oto Tambangan, Padang Panjang-Batu Sangka tahun 1935

BUS UMUM adalah moda transportasi yang penting sejak dulu, apalagi bagi orang Minangkabau yang suka merantau. Kita tentu masih ingat kalason oto Gumarang yang mendayu-dayu di tahun 70-an, seolah ucapan selamat tinggal dari para lelaki Minang yang bertolak ke rantau kepada sanak famili dan kekasihnya yang ditinggalkan di ranah bundo. 
[post_ads]
Dapat bepergian dengan bus pada masa dulu, seperti dapat dikesan dalam foto ini, sangat membanggakan hati, sama seperti naik Alfa Romeo, Rolls-Royce atau Limousine sekarang. Kendaraan auto pertama kali diperkenalkan di Indonesia sekitar 1898 (De Locomotief, 17/6/1898). 
[post_ads_2]
Foto koleksi F.H.J. Bal ini merekam bus umum trayek Padang Panjang Batu Sangkar (Fort van der Capellen) sekitar 1935. Plat nomornya masih BB tuh. Rupanya dulu para penumpang bus tampil agak parlente juga: pakai jas putih atau warna lain, dikombinasikan dengan pantalon putih atau sarawa jao. Sayang sekali jarang ada museum yang merekam sejarah transportasi di Indonesia. Bus seperti ini sudah tinggal kenangan saja. Dengan foto ini, sedikit banyaknya kita dibawa ke masa lampau sejarah transportasi di negeri kita, khususnya di Minangkabau.


EmoticonEmoticon